Pameran UMKM serta Lomba Tari dan Fashion Dekranasda Manokwari sebagai Strategi Pasar dan Upaya Memproteksi Generasi Muda

Pameran UMKM serta Lomba Tari dan Fashion Dekranasda Manokwari sebagai Strategi Pasar dan Upaya Memproteksi Generasi Muda

Manokwari – Mulai hari ini, Kamis (18/4/2024) hingga Sabtu (20/4/2024), Dekranasda Kabupaten Manokwari menggelar pameran produk UMKM baik pangan maupun non-pangan serta lomba Yospan, dance kontemporer, dan fashion show. Pameran dan lomba dinilai sangat positif sebagai strategi pemasaran dan mengembangkan potensi anak-anak muda di kabupaten Manokwari.

“Tentu pameran ini menjadi wadah yang sangat positif pertama sebagai strategi pasar bagi para pelaku UMKM, juga merupakan apresiasi bagi seluruh pelaku UMKM yang telah berjuang memproduksi hasil-hasil karyanya tetapi tidak tahu ke mana harus menjualnya. Karena itu, di sinilah tempat di mana kita membantu untuk mempromosikan produk-produk UMKM,” ungkap Bupati Manokwari, Hermus Indou, saat membuka pameran dan lomba Yospan, dance kontemporer, dan fashion show, di Manokwari City Mall (MCM), Kamis (18/4/2024).

Hermus berharap ke depan pertumbuhan ekonomi di kabupaten Manokwari tidak hanya semata dan sektor ekonomi makro yakni investasi skala besar yang berujung pada eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam. Pertumbuhan ekonomi harus merata dan adil, di mana ada kontribusi juga dari UMKM.

“Karena itu, kita harus ciptakan iklim yang baik untuk pertumbuhan UMKM baik dari aspek regulasi tetapi juga dari aspek peningkatan kualitas produksi serta aspek pemasarannya, sehingga kita berharap bahwa produk UMKM di Kabupaten Manokwari bisa bertumbuh secara positif, berkembang dengan baik, dan dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi juga pendapatan perkapita masyarakat,” katanya.

Khusus untuk lomba Yospan, dance kontemporer, dan fashion show, menurut Hermus, merupakan bagian dan upaya untuk memproteksi seluruh generasi muda di Kabupaten Manokwari. Anak-anak muda harus disiapkan dan difasilitasi karena mereka menjadi sumber daya manusia yang akan bertanggung jawab untuk pembangunan daerah ini untuk masa yang akan datang.

“Karena itu, marilah kita persiapkan seluruh anak-anak kita dengan baik, kita persiapkan generasi muda kita semuanya dengan baik supaya tongkat estafet kepemimpinan dan estafet pembangunan dari masa lalu kita yang terima hari ini dengan baik, kita pastikan generasi muda kita pun akan menerima tongkat estafet dari kita dengan baik untuk melanjutkan seluruh aktivitas pembangunan di kabupaten Manokwari,” tukas Hermus.

Ketua Dekranasda Kabupaten Manokwari, Febelina Indou, menyampaikan bahwa pameran sebagai sarana untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk UMKM. Selain itu, profil usaha juga penting untuk diedukasikan kepada masyarakat Manokwari khususnya para pengunjung.

Sedangkan tujuannya adalah menciptakan citra pengusaja yang baik untuk menentukan ketertarikan dan loyalitas konsumen pada produk-produk UMKM serta membuka peluang dan membangun kerja sama bisnis.

Kegiatan bertema “Tumbuh Bersama Majukan Warisan Bangsa” itu juga dalam rangka memeriahkan HUT Dekranas ke-44 tahun 2024.

Menurut Febelina, UMKM yang berpartisipasi dalam pameran tersebut merupakan UMKM binaan Dekranasda Kabupaten Manokwari dan telah mengisi 22 booth pameran.

Sementara peserta lomba fashion show kategori umum sebanyak 37 orang, lomba dance kontemporer diikuti 11 grup termasuk dari Sorong dan Jayapura, serta 30 grup akan bersaing dalam lomba Yospan. (SM7) 

sumber :

Previous Tinjau Pelaksanaan Ujian Sekolah, Bupati Hermus Apresiasi Dinas Pendidikan dan Pihak Sekolah

Leave Your Comment

Connect With Us

95 FF3, App Street Avenue
NSW 96209, Canada

Mon – Fri: 8:00 am – 6:00 pm

City News & Updates

The latest Egovt news, articles, and resources, sent straight to your inbox every month.

EGovt Template - Mad UX © 2020. All Rights Reserved