Sambut Bulan Ramadhan, Stok Bapok di Manokwari Aman

2017-05-30 08:03:06 - oleh : Admin Web

Manokwari, Mediapapua.com - Jelang Ramdhan dan Idul Fitri 1438 Hijriah, tim Sub Bapok Kabupaten Manokwari, menggelar pertemuan dengan sejumlah distributor kebutuhan pokok belum lama ini.  Hasilnya, stok bahan pokok Manokwari Aman sampai lebaran.

Staf Ahli Bidang Hukum dan Ekonomi Setda Manokwari, Harjanto Ombesapu, menekankan beberapa hal, yakni, distributor ikut menjaga stabiliasai stok agar tidak terjadi kekosongan yang memicu kenaikan harga yang tidak wajar. “Kepada pengusaha dan pemasok agar menjaga stabilisasi stok, penetapan harga wajar dan menghindari adanya upaya penimbunan barang-barang kebutuhan tertentu jelang puasa dan lebaran,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, pengusaha yang mendatangkan stok kebutuhan pokok di Manokwari seperti toko bandang, toko Umega, Hadi dan lain-lainnya dimintai laporan stok digudang serta rencana mendatangkan. Agar diketahui stok bisa aman sampai pada saat perayaan Idul Fitri.

Hasil dari pertemuan ini, seperti dikatakan Plt. Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Manokwari, Rosita Watofa, hanya untuk stok telur masih dirasa kurang pasokan. Padahal telur sendiri menjadi kebutuhan wajib jelang lebaran.

“Semua aman, masih banyak rencana mendatangkan stok dari distributor. Hanya laporan dari pertanian dan peternakan, bahwa stok telur masih terbatas namun kami sudah minta agar distributor ikut ambil bagian untuk mencukupi kebutuhan ini,” paparnya.

Mengenai harga kebutuhan pokok, Rosita, menegaskan masih dalam jalur aman dimana pengusaha atau pedagang masih mengikuti kenaikan harga dari pemasok utama diluar Papua. Namun, akan terus ada pengawasan dari disperindagkop untuk permasalahan ini.

Lebih lanjut, Khusus bahan bakar Minyak karena ketidak hadiran Pertamina selaku BUMN penyuplai, disperindagkop akan menyurat kepada pertamina mengenai ketersediaan BBM baik solar, premium maupun pertilite di Manokwari.(mp-13)