Pemilik Usaha Dihimbau Jaga Kebersihan Manokwari

2017-04-04 08:27:37 - oleh : Petrus


 

– Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, mengeluarkan intruksi terkait kebersihan lingkungan. Tak hanya di pemukiman warga dan tempat umum, namun juga termasuk tempat usaha.

Hal ini disampaikan Plt.Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sumedi, Kamis (30/3/2017). Menurutnya, istruksi ini memuat himbauan bagi pemilik usaha, baik restoran, rumah makan, salon usaha kos. Termasuk pula bagi kepala SKPD, kepala sekolah, Perguruan Tinggi, BUMN, BUMD, toko, kios dan masyarakat.

Dalam intruksi itu, terdapat 4 point, yakni, pertama, setiap pagi dan sore hari sebelum dan sesudah memulai aktivitas kerja atau usaha, pimpinan dapat menghimbau agar bersama karyawan dapat membersihkan lingkungan tempat aktivitas usaha baik jalan maupun selokan. “Kebersihan ini bukan saja tanggung jawab instansi terkait namun peran dari masyarakat Manokwari dan juga pemilik usaha sangat dibutuhkan untuk mewujudkan Manokwari yang bersih dari sampah,” ujarnya.

Point ke tiga agar masyarakat yang tinggalnya di pinggiran jalan protokoler atau jalan raya, gang-gang lintasan diharapkan turut aktif membersihkan lingkungan, jalan dan selokan atau parit dilingkungan masing-masing. “Kumpulkan sampah dalam kantong atau karung plastic dan letakan ditempat usaha, kantor atau rumah tempat tinggal masing-masing dan selanjutnya akan diangkut oleh petugas merupakan point terakhir” terang Sumedi.

Dalam intruksi tersebut, tambahnya lagi, Manokwari yang merupakan milik kita, masa depan kita bersama maka mari bersama-sama menciptakan lingkungan Manokwari yang bersih, indah, sejahtera dan aman bagi semua warga Manokwari. 

Sumber:mediapapua.com