Pedagang minta Bupati perhatikan keamanan pasar

2017-07-17 10:16:46 - oleh : Admin Web

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Asosiasi Pedagang Pasar Wosi (Aspepasi) Manokwari meminta Bupati Demas P Mandacan serius memperhatikan masalah keamanan pasar.

Koordinator Umum Aspepasi Manokwari, Amien Husain mengatakan, keamanan pasar merupakan hal yang utama untuk diperhatikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda), setelah penataan pasar. Dan jika hal ini tak dilakukan, tentu bukan saja berpengaruh pada kenyamanan pengunjung namun lebih pada mengancam keberadaan pedagang setempat.

“Pernyataan kami sudah jelas, di poin pertama kita minta Bapak Bupati (Demas P Mandacan, Red), serius memperhatikan masalah keamanan pasar,” ucap Husain yang ditemui usai menyampaikan pernyataan sikap Aspepasi di hadapan Bupati Manokwari yang meninjau langsung pembagian los bebas untuk 272 pedagang pasar Wosi, Rabu (12/7).

Menurut dia, jikalau pasar jauh dari keamanan, tentu bukan saja berpengaruh pada kenyamanan pengunjung, namun lebih pada merugikan pedagang setempat. Untuk itu, diharapkan, agar aparat kemanan ditempatkan pada titik-titik pasar.

“Kalau bisa harus ada aparat keamanan yang jaga di beberapa titik di pasar. Sehingga pengunjung dan pedagang sama-sama merasa aman,” pinta dia.

Tak hanya itu, Hasain meminta, Pemda menempatkan personil Unit Pelayana Terpadu (UPT) baik dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) maupun dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) di setiap hari kerja.

“Tujuannya, untuk mempermudah kami memberi laporan terkait keadaan dan kondisi pasar yang sebenarnya,” ujarnya.

Husain menuturkan, 272 los bebas yang dibagikan tersebut, terdiri dari dua blok. Yaitu blok D dan E masing-masing 136 los. Dan jumlah ini sesuai data yang diperoleh dari pedagang los bebas.

“Jumlah los yang dibagikan ini sesui data yang kita peroleh langsung dari pedagang dan semuanya, untuk pedagang sayur mayur,” terang Husain.

Karenanya, lanjut Husain, pedagang selalu diingatkan, agar tak memperjualbelikan losnya ke pihak lain. Jika hal itu dilakukan oleh pedagang, maka pihakanya akan melaporkan ke Pemda untuk diganti.

“Kami sudah ingatkan, tidak boleh ada yang jual tempatnya ke orang lain, kalau ada yang kedapatan kita laporkan ke Pemda supaya di coret saja,” tegas dia.

Dia menyebutkan, terdapat 11 poin pernyataan sikap Aspepasi yang diserahkan ke Bupati Mnaokwari, diharapkan, mendapat tanggapan sehingga bisa direalisasikan.

Demas P Mandacan yang menerima langsung aspirasi Aspepasi mengatakan, pada prinsipnya aspirasi tersebut akan ditindalanjuti. “Ini kami respon baik, dan kita akan atur baik supaya pasar ini bisa berfungsi dengan aman. Karena masalah keamanan dan kenyamanan di pasar itu yang penting,” ucapnya.

Tak hanya itu, dia juga menekankan ke pedagang, untuk tidak memperjulabelikan los yang dimilki. Karena hal itu, selain  dapat menimbulkan kekacuan antar pedagang juga merugikan pedagang tersebut.

“Tidak boleh ada pedagang yang menjual losnya ke orang lain dan tidak boleh pedagang mendapat los lebih dari satu, jangan memonopoli, karena nanti bisa timbul masalah,” ujar Demas. (tnj/*)