Mendagri Keluarkan Jadwal Pelantikan Bupati/Walikota Tahap 2

2017-07-20 12:14:16 - oleh : Petrus

Mentri Dalam Negeri (Mendagri), telah menetapkan jadwal pelantikan bupati/walikota tahap dua hasil Pilkada, 15 Pebruari 2017. Pelantikan ini akan dilaksanakan secara serentak pada 22 Agustus 2017 mendatang. Jadwal tersebut diedarkan melalui Radiogram ke semua provinsi terkait, termasuk Papua Barat.

Kepala Bagian (Kabag) Otonomi Daerah (Otda) pada Biro Pemerintahan Setda Provinsi Papua Barat, BaesaraWael,S.Sos, mengatakan, Mendagri telah mengirim Radiogram Nomor 121.11/2931/SJ, tanggal 22 Juni. Dalam Radiogram itu disebutkan bahwa pelantikan bupati-wakil bupati dan walikota-wakil walikota dilaksanakan 22 Agustus di ibukota provinsi. “Radiogram dari Mendagri juga baru kami terima, soal pelantikan bupati-wakil bupati dan walikota-wakil walikota tahap kedua 22 Agustus 2017 mendatang,” ujarnya.

Di Provinsi Papua Barat masih tersisa 2 bupati-wabup dan 1 walikota-wakil walikota terpilih hasil Pilkada serentak 15 Pebruari yang belum dilantik,yakni bupati-wabup Sorong dan Maybrat serta walikota-wakil walikota Sorong.

Kabag Otda mengatakan,sesuai keinginan gubernur Papua Barat,maka diharapkan pelantikan ketiga pasangan bupati-wabup, serta walikota-wakil walikota tersebut dapat dilaksanakan bersamaan pada 22 Agustus.  “Waktunya masih cukup lama, sehingga kita harapkan pelantikan tiga kepala daerah dan wakilnya dapat dilaksanakan bersamaan,’’ terangnya via telepon selulernya.

Dikatakan, untuk bupati-wabup Sorong dan walikota-wakil walikota Sorong, Mendagri telah mengeluarkan SK (Surat Keputusan) pengangkatan sehingga tinggal menunggu pelantikan. Sedangkan bupati dan wakil bupati terpilih Maybrat telah diusulkan dan tinggal tunggu diterbitkannya SK pengangkatan. “Berkas usulan bupati dan wakil bupati Maybrat sudah masuk di Mendagri dan tidak ada masalah, tinggal proses penandatanganan SK,” tuturnya.

Biro Pemerintahan akan segera menyampaikan Radiogram ini kepada gubernur. Bila gubernur telah memberi petunjuk, selanjutnya pihaknya akan mengundang Pemkota Sorong, Pemkab Sorong dan Maybrat untuk membicarakan persiapan pelantikan. “Tentu hal ini kita laporkan ke gubernur. Selanjutnya gubernur akan kasi petunjuk. Kemudian kita undang ketiga kabupaten/kota. Paling cepat diakhir Juli kita akan undang mereka,” imbuhnya.

Untuk Pilkada Kota Sorong dimenangkan pasangan incumbent, Drs. EcLamberthus Jitmau, MM dan dr. Hj Pahimah Iskandar. Pilkada Kabupaten Sorong menghasilkan pasangan, Dr. Johny Kamuru SH M.Si dan Suka Harjono Ssos, M.Si sebagai Bupati-Wabup terpilih. Sedangkan di Maybrat pasangan Drs. Bernard Sagrim, MM-Drs Paskalis Kocu, MSi menjadi pemenang Pilkada. 

Sumber:Mediapapua.com