Demas: 2018, Anggaran Manokwari Sudah "Sehat"

2017-05-17 11:27:42 - oleh : Admin Web

Manokwari, Mediapapua.com – Defisitnya anggaran Pemerintah Manokwari berdampak pada kegiatan yang akan dilaksanakan. Bupati Manokwari, Demas P Mandacan, mengaku hanya beberapa kegiatan yang bersumber dari DAK.

“Kegiatan baru hanya beberapa saja yang berkaitan dengan dana DAK, karena berasal dari Pusat. Untuk DAU dan Otsus, kegiatannya dikurangi, karena defisit. Anggaran kami kurangi sehingga berimbang,” ujar Demas belum lama ini.

Menurutnya, tahun ini memang tak banyak hal yang dilakukan agar Tahun 2018 pembangunan serta kegiatan di Manokwari kembali berjalan normal.

Terkait defisit, diakui akibat salah perencanaan dari pemerintahan yang lama dimana dalam penyusunan APBD tidak mengakomodir Gaji 13 dan 14 serta Sertifikasi Guru. “Penyusunan APBD 2016 lalu, Gaji 13 dan 14 serta Sertifiskasi Guru tidak diakomodir. Kalau saya tidak ambil kebijakan untuk tutup atau membayar, guru-guru akan demo dan boikot mereka tidak datang mengajar dampaknya akan besar,” paparnya.

Bukan saja itu, akibat tidak ditrasnfernya dana DAK Triwulan 3 dan 4, padahal pekerjaan telah diselesaikan maka pemerintah punya utang dan harus dibayar pada pihak ketiga. “Kami tutup dengan DAU 2017, saat ini utang sudah lunas dan tahun depan sudah normal,” ucapnya. (mp-13)